Cara menulis iklan penginapan, guesthouse, dan homestay

3 Langkah Menulis Copywriting untuk Bisnis Guesthouse

Kalau Anda punya bisnis Guesthouse, menulis Copywriting untuk bisnis Anda dengan deskripsinya bisa jadi poin ke sekian di pikiran Anda.

Anda cukup foto lingkungan guesthouse dari sudut paling cantik. Mulai dari ruang tamu dengan bantal sofa yang ditata teratur dan vas bunga di mejanya.

Lalu Anda mencari sudut foto yang pas supaya poster di atas sofa masuk ke kamera.

Yang lebih ekstrim lagi, Anda pakai panorama view supaya seluruh sudut ruangan terfoto.

Atau yang NO NO NO PLEASE NO method: Fish-Eye.

Beralih ke dapur, Anda menata peralatan makan dan minum tersaji diatas meja, lengkap dengan bunga warna merah di tengah meja sebagai kontras.

Dan semua langkah diatas Anda ulangi lagi untuk setiap kamar.

Emangnya salah?

Ya dan nggak.

Foto tanpa modus Fish Eye atau Panoramic View lebih menggambarkan kondisi Guesthouse Anda sesungguhnya. Dan tidak ada yang salah dengan menata Guesthouse Anda supaya tetap cantik dan meminta fotografer profesional untuk mengambil gambar demi kepentingan promosi.

Tapi tanpa deskripsi yang jelas, pelanggan Anda akan bingung mengenai fasilitas yang Anda sediakan.

Baca tiga langkah simpel ini.

Langkah #1: Deskripsikan setiap ruangan dan fasilitas Bisnis Guesthouse Anda

Perlengkapan Dapur di Guesthouse
Tulis semua yang Anda lihat!
Background vector created by vectorpocket – www.freepik.com

Pak Arif dan Bu Isna akan berwisata ke Jogja dengan Candra (5 tahun) dan Dian (8 tahun). Selama lima hari mereka akan menginap di Jogja. Untuk menghemat pengeluaran, mereka akan masak sendiri.

Bu Isna tentunya perlu informasi apakah Guesthouse tempat mereka menginap punya peralatan masak untuk 4 orang dengan dua kali makan?

Kan mereka bisa tanya ke pengelola Guesthouse-nya!

Benar. Pada akhirnya semua bisa ditanyakan. Berdasarkan riset, orang Indonesia lebih suka berinteraksi langsung dengan pengelola dibandingkan langsung Booking guesthouse tanpa tanya.

Tapi bukankah menuliskan fasilitas Guesthouse Anda secara lengkap akan mempersingkat proses chat Bu Isna ke Anda?

Itu jika Anda pikir Bu Isna MENUNGGU BALASAN ANDA.

Bu Isna sudah chat dengan pengelola Guesthouse lain dan jika kompetitor Anda membalas chat Bu Isna lebih cepat, Anda SUDAH KALAH oleh kompetitor.

Bayangkan jika deskripsi Guesthouse Anda jelas terpampang hingga ke detail terkecil di post Instagram, Facebook, Air BnB, atau Landing Page Gratisan yang Anda buat.

Kesan apa yang akan Bu Isna tangkap?

Bu Isna akan menilai bahwa Anda serius memikirkan pelanggan hinga ke detail terkecil dan ini akan mempersingkat sales funnel.

Artinya, memperkecil kemungkinan Bu Isna tertarik ke Guesthouse lain karena BALASAN ANDA YANG LAMA.

Ngomong doang gampang! Kasih dong contohnya!

Contoh:
Kamar 1:
Kamar tidur utama dengan tempat tidur ukuran King Size untuk dua orang, kamar mandi dalam dengan shower dilengkapi sabun mandi cair, pasta gigi, dan sikat gigi untuk dua orang.
TV kabel dengan 40 channel dalam dan luar negeri, serta jendela besar yang menghadap jalan.

Kamar2:
Kamar tidur dengan 2 tempat tidur single terpisah, kamar mandi dalam dengan shower, TV kabel, satu rak pakaian besar ukuran 150cm x 80cm dan balkon kecil menghadap sawah.

Ruang Tamu:
Sofa sudut untuk 5 orang dengan desain minimalis. TV kabel 32″ dengan DVD Player. Rak DVD dengan film Animasi, Keluarga, Komedi, dan Drama. Gratis untuk Anda!

Dapur:
Dapur minimalis dengan kompor dua tungku, rice cooker, panci dan wajan besar untuk masak porsi empat orang sekaligus, set pisau lengkap dan sendok garpu untuk 12 orang!
Kulkas kecil dengan mentega dan margarin. Kecap, saos, minyak goreng, garam, gula, teh, kopi, dan minuman kemasan tersedia di dapur kami gratis untuk Anda!

Sebutkan juga jika ada pengurus Guesthouse yang siap dipanggil kapapun pelanggan memerlukan bantuan!

Sebutkan SEMUANYA!
You can’t have too much details.

Langkah #2: Tentukan tipe pengunjung Guesthouse yang Anda inginkan

Tingkatkan Profit Guesthouse dengan Copywriting
Tentukan pengunjung yang Anda inginkan, dan target mereka!
Background vector created by freepik – www.freepik.com

Kalau Anda lebih suka tamu Guesthouse Anda adalah pasangan sah yang sudah menikah, maka Anda harus membuat copywriting yang memposisikan bisnis Anda sebagai tempat yang nyaman dan ideal untuk suami istri.

Kalau Anda ingin menarik tamu anak muda yang berwisata secara grup, maka Anda harus memberikan mereka alasan lebih untuk memilih Guesthouse Anda.

Iya, langsung ke contoh kan?

Contoh:
Kamar ini cocok untuk suami istri yang bepergian berdua maupun bersama keluarga dengan budget terbatas.

Guesthouse kami cocok untuk wisata grup Anda karena terletak di tengah kota dan bebas beraktivitas hingga larut malam tanpa takut mengganggu!

65% Pengunjung Guesthouse kami adalah eksekutif muda yang bepergian ke Jogja karena pekerjaan.

Apartemen Studio ini terletak di lantai 11, menghadap kolam renang dan kedap suara. Seribut apapun suara di dalam, tidak akan terdengar sampai ke luar. Di lantai dasar apartemen terdapat kafe dan tempat Hangout anak muda.

Posisikan bisnis Guesthouse Anda sebagai solusi bagi pelanggan yang Anda inginkan sebagai tamu.

Anda tentunya tidak ingin anak-anak muda yang berisik sepanjang malam untuk menginap di Guesthouse Anda yang berada di tengah pemukiman warga.

Langkah #3: Gabungkan keduanya!

Itu saja!

Gabungkan keduanya dan posting Copywriting Anda di Instagram, Facebook, atau Air BnB, dan bersiap untuk profit bisnis Guesthouse Anda yang berlipat. Saya sangat menyarankan Anda untuk membuat Landing Page dengan Elementorhttps://www.wordpixels.id/elementor-pro-murah/ supaya semua infomasi mengenai Guesthouse Anda mudah ditemukan dalam satu tempat!

Hubungi Wordpixels Creative Agency untuk membantu Anda membuat Copywriting, Website, atau Landing Page Guesthouse Anda!

Credit Featured Image: Abstract vector created by macrovector – www.freepik.com

Apakah Anda sudah mengiklankan Guesthouse Anda dengan benar? Ceritakan pengalaman atau kirimkan pertanyaan seputar iklan di kolom komentar.

One thought on “3 Langkah Menulis Copywriting untuk Bisnis Guesthouse

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *