Bisnis guesthouse, hotel, dan penginapan juga memerlukan copywriting yang memikat agar mendatangkan tamu-tamu yang sesuai dengan profil persona Guesthouse yang diinginkan.

Copywriting untuk Guesthouse
Mendatangkan Tamu Guesthouse dengan Copywriting

Kalau Anda punya bisnis penginapan seperti guesthouse atau hotel, menulis copywriting untuk bisnis Anda mungkin masih menjadi pertimbangan.

Mungkin selama ini, Anda hanya memfoto lingkungan penginapan dari sudut paling cantik. Mulai dari ruang tamu dengan bantal sofa yang ditata teratur dan vas bunga di mejanya.

Lalu Anda mencari sudut foto yang pas supaya poster di atas sofa masuk ke frame kamera.

Yang lebih ekstrim lagi, Anda pakai panorama view supaya seluruh sudut ruangan hotel atau guesthouse Anda terfoto.

Atau metode yang sebaiknya tidak pernah digunakan: Fish-Eye.

Beralih ke dapur, Anda menata peralatan makan dan minum tersaji diatas meja, lengkap dengan bunga warna merah di tengah meja sebagai kontras.

Dan semua langkah diatas Anda ulangi lagi untuk setiap kamar.

Emangnya salah?” kata Anda.

Ya dan tidak.

Foto tanpa modus Fish Eye atau Panoramic View lebih menggambarkan kondisi penginapan Anda sesungguhnya. Tidak ada yang salah dengan menata hotel dan guesthouse Anda supaya tetap cantik dan meminta fotografer profesional untuk mengambil gambar demi kepentingan promosi.

Tapi tanpa copywriting yang jelas, pelanggan Anda akan bingung mengenai fasilitas yang Anda sediakan.

Baca tiga langkah simpel ini untuk tips meningkatkan kunjungan tamu penginapan Anda dengan copywriting. Ketiga langkah ini cocok Anda gunakan untuk menarik tamu hotel dan guesthouse skala kecil hingga menengah.

Langkah #1: Deskripsikan Setiap Ruangan dan Fasilitas Bisnis Guesthouse Anda

Perlengkapan Dapur di Guesthouse
Tulis semua yang Anda lihat!
Background vector created by vectorpocket – www.freepik.com

Perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Pak Arif dan Bu Isna akan berwisata ke Yogyakarta dengan Candra (5 tahun) dan Dian (8 tahun). Selama lima hari mereka akan menginap di Jogja. Untuk menghemat pengeluaran, mereka akan masak sendiri.

Bu Isna tentunya perlu informasi apakah Guesthouse tempat mereka menginap punya peralatan masak untuk 4 orang dengan dua kali makan?

Kan mereka bisa tanya ke pengelola Guesthouse-nya!

Benar. Pada akhirnya semua bisa ditanyakan. Berdasarkan riset, orang Indonesia lebih suka berinteraksi langsung dengan pengelola dibandingkan langsung booking penginapan tanpa tanya-tanya.

Tapi bukankah menuliskan fasilitas guesthouse dan hotel Anda di dalam copywriting secara lengkap akan mempersingkat proses chat Bu Isna ke Anda?

Itu jika Anda pikir Bu Isna menunggu balasan Anda.

Bu Isna sudah chat dengan pengelola penginapan lain. Jika kompetitor Anda membalas chat Bu Isna lebih cepat, Anda sudah kalah oleh kompetitor.

Bayangkan jika deskripsi guesthouse dan hotel Anda jelas terpampang hingga ke detail terkecil di copywriting post Instagram, Facebook, Air BnB, atau Landing Page Gratisan yang Anda buat.

Kesan apa yang akan Bu Isna tangkap?

Bu Isna akan menilai bahwa Anda serius memikirkan pelanggan hinga ke detail terkecil dan ini akan mempersingkat sales funnel.

Artinya, memperkecil kemungkinan Bu Isna tertarik ke penginapan lain karena balasan Anda yang lama.

Ngomong doang gampang! Kasih dong contohnya!

Contoh:
Kamar 1:
Kamar tidur utama dengan tempat tidur ukuran King Size untuk dua orang, kamar mandi dalam dengan shower dilengkapi sabun mandi cair, pasta gigi, dan sikat gigi untuk dua orang.
TV kabel dengan 40 channel dalam dan luar negeri, serta jendela besar yang menghadap jalan.

Kamar2:
Kamar tidur dengan 2 tempat tidur single terpisah, kamar mandi dalam dengan shower, TV kabel, satu rak pakaian besar ukuran 150cm x 80cm dan balkon kecil menghadap sawah.

Ruang Tamu:
Sofa sudut untuk 5 orang dengan desain minimalis. TV kabel 32″ dengan DVD Player. Rak DVD dengan film Animasi, Keluarga, Komedi, dan Drama. Gratis untuk Anda!

Dapur:
Dapur minimalis dengan kompor dua tungku, rice cooker, panci dan wajan besar untuk masak porsi empat orang sekaligus, set pisau lengkap dan sendok garpu untuk 12 orang!
Kulkas kecil dengan mentega dan margarin. Kecap, saos, minyak goreng, garam, gula, teh, kopi, dan minuman kemasan tersedia di dapur kami gratis untuk Anda!

Sebutkan juga dalam copywriting tersebut jika ada pengurus penginapan guesthouse atau hotel yang siap dipanggil kapapun pelanggan memerlukan bantuan!

Sebutkan semuanya!
You can’t have too much details.

Langkah #2: Tentukan Tipe Pengunjung Guesthouse dan Hotel yang Anda Inginkan

Tingkatkan Profit Guesthouse dengan Copywriting
Tentukan pengunjung yang Anda inginkan, dan target mereka!
Background vector created by freepik – www.freepik.com

Sebelum membuat copywriting, penting untuk mengenali buyer persona bisnis penginapan Anda. Tamu seperti apakah yang Anda harapkan untuk menginap?

Kalau Anda lebih suka tamu penginapan Anda adalah pasangan sah yang sudah menikah, maka Anda harus membuat copywriting yang memposisikan guesthouse dan hotel Anda sebagai penginapan yang nyaman dan ideal untuk suami istri.

Kalau Anda ingin menarik tamu anak muda yang berwisata secara grup, berikan alasan lebih di dalam copywriting mengapa mereka harus memilih penginapan Anda.

Contoh:
Kamar ini cocok untuk suami istri yang bepergian berdua maupun bersama keluarga dengan budget terbatas.

Contoh:
Guesthouse kami cocok untuk wisata grup Anda karena terletak di tengah kota dan bebas beraktivitas hingga larut malam tanpa takut mengganggu!

Contoh:
65% Pengunjung Guesthouse kami adalah eksekutif muda yang bepergian ke Jogja karena pekerjaan.

Contoh:
Apartemen Studio ini terletak di lantai 11, menghadap kolam renang dan kedap suara. Seribut apapun suara di dalam, tidak akan terdengar sampai ke luar. Di lantai dasar apartemen terdapat kafe dan tempat Hangout anak muda.

Ketika menulis copywriting, posisikan guesthouse dan hotel sebagai solusi bagi pelanggan yang Anda inginkan sebagai tamu di penginapan Anda.

Anda tentunya tidak ingin anak-anak muda yang berisik sepanjang malam untuk menginap di guesthouse Anda yang berada di tengah pemukiman warga.

Langkah #3: Gabungkan keduanya!

Itu saja!

Gabungkan keduanya dan posting copywriting Anda di Instagram, Facebook, atau Air BnB guesthouse dan hotel Anda. Selanjutnya, bersiap untuk mendapatkan profit bisnis berlipat. Saya sangat menyarankan Anda untuk membuat Landing Page dengan Elementor supaya semua infomasi mengenai Guesthouse Anda mudah ditemukan dalam satu tempat!

Apakah Anda sudah mengiklankan Guesthouse Anda dengan benar? Ceritakan pengalaman atau kirimkan pertanyaan seputar iklan di kolom komentar.

1 Komentar pada “3 Langkah Menulis Copywriting untuk Bisnis Guesthouse”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *