Cara Menjadi Copywriter: Step by Step Memulai Karier sebagai Penulis dengan Bayaran Tinggi

Copywriter handal tidak lahir dalam sehari, seminggu, atau sebulan. Ada banyak lika-liku yang harus dilalui agar Anda memahami trik dan cara membuat copy yang ‘mak-thes’. Tidak ada cara instan menjadi copywriter. Tapi saya bisa tunjukkan jalan untuk memulai karir Anda di dunia penulisan.

Cara Menjadi Copywriter
Apa yang Anda perlukan untuk menjadi copywriter?

“Bagaimana cara menjadi copywriter? Apakah harus bisa menulis sesuai PUEBI? Bagaimana saya mencari klien? Haruskah saya melamar ke agensi periklanan? Jadi copyrwiter freelance atau in-house ya?”

Selama 2 bulan belakangan, saya vakum dari blog dan fokus pada pekerjaan yang masuk. Dan dalam 2 bulan belakangan ini, saya melihat banyak sekali teman-teman yang tertarik belajar internet marketing. Entah itu di bidang social media marketing, search engine marketing, content marketing, atau direct marketing.

Sayangnya, sedikit yang tertarik mempelajari direct marketing atau direct sales, terutama bidang copywriting. Kebanyakan mereka fokus pada content marketing dengan membangun website, lalu menyediakan layanan iklan di website tersebut.

Sebagian masih bergembira dengan Google Adsense dan berjibaku dengan algoritma SEO.

Beberapa orang yang tertarik dengan copywriting umumnya menanyakan pertanyaan seperti yang saya sebutkan di awal.

Kalau Anda tidak mengerti bagaimana iklan google dan SEO bekerja, mungkin memulai karir sebagai copywriter bisa menjadi awal karir Anda dan bertransformasi menjadi salesman in print.

Mulai Menulis

“Writing is like cooking. The more you do it, the better it comes off.”

Kalau Anda ingin menjadi penari, apa hal pertama yang harus Anda lakukan?

Mulai menari.

Apa yang harus Anda lakukan kalau ingin menjadi penulis handal?

Mulai menulis!

Mulailah menulis sekarang juga. Tulislah apa saja yang bisa ditulis. Entah itu resep, blog keseharian Anda, artikel tentang kucing-kucing kesayangan Anda, atau tulisan sederhana seperti buku harian.

Kalau Anda lebih nyaman menulis di depan laptop, lakukan saja. Kalau Anda lebih suka menulis dengan pena tangan, juga tidak masalah. Yang masalah adalah kalau Anda ingin menjadi copywriter tapi tidak menulis.

Tidak ada cara lain untuk menjadi copywriter selain sering menulis!

“Tapi saya nggak tahu mau nulis apa, nih…” keluh Anda.

Oke, kalau begitu. Silakan perhatikan benda-benda di sekitar Anda, lalu sebutkan tiga benda saja. Saya contohkan ya. Di sekitar saya saat ini ada:

  • Cangkir kopi setengah penuh
  • Satu kucing oren
  • Kipas Angin

Selanjutnya, gunakan imajinasi Anda untuk menghubungkan ketiga benda tersebut. Contohnya:

“Malam-malam memang enaknya ngopi sambil ngelus-elus si mpus oren. Kipas Angin di pojokan nyala di level tiga saking panasnya. Huf, kapan yah, Jogja adem lagi?”

Nah, itu. Anda sudah bisa menulis.

“Lho, nulis kaya begitu mah, saya juga bisa.”

Betul. Siapa saja bisa menulis, tapi tidak semua bisa menulis SETIAP HARI. Saat Anda menulis setiap hari, tulisan Anda akan jadi semakin bagus dan menarik. Jika Anda sudah terbiasa menulis, jalan menjadi copywriter akan semakin mudah.

Usahakan menulis apa saja. Kalau guru saya mengatakan, buatlah cerpenting. Apa itu cerpenting?

Cerita Tidak Penting!

Yaitu cerita-cerita apa saja yang ingin Anda tulis. Masa bodoh apakah ada yang suka, apakah ada yang baca, apakah ada yang komentar dan share. Lanjut menulis saja!

Goal: Mampu menulis 500 kata dalam sehari.

Waktu: Tiga hari.

Pelajari Dasar-dasar tulisan persuasif

Setelah Anda terbiasa menulis minimal 500 kata per hari, selanjutnya Anda harus mempelajari dasar-dasar copywriting. Ingat, Anda ingin menjadi copywriter alias penulis copy. Bukan sekedar penulis.

Nah, pada dasarnya, copywriting adalah tulisan persuasif. Tulisan Anda bermaksud untuk mempengaruhi pembaca melakukan aksi yang Anda inginkan.

Inilah alasan kenapa copywriting adalah keahlian yang mahal dan benar-benar bermanfaat jangka panjang. Kemampuan mempengaruhi tindakan seseorang bisa Anda aplikasikan di mana saja.

Anda bisa mempelajari dasar-dasar copywriting di mana saja dari Internet. Ada banyak panduan tentang cara menjadi copywriter handal di luaran sana. Benar-benar BANYAK. Tapi jangan membebani diri Anda dan ngotot untuk mempelajari semuanya.

Jika menjadi copywriter adalah karir yang ingin Anda bangun, Anda akan menghabiskan waktu sepanjang hidup untuk belajar cara menciptakan tulisan yang persuasif. Masih ada langit di atas langit. So, jangan terpaku pada berbagai syarat menjadi copywriter.

Cukup pelajari dasar copywriting dan terus maju ke depan.

Nah, di mana Anda bisa menemukan panduan dasar copywriting? Ini dia daftarnya:

  1. Panduan belajar copywriting dasar hingga mahir
  2. Menjadi copywriter yang mampu menjual apapun dengan huruf
  3. Cara cepat belajar copywriting
  4. 10 Teknik copywriting untuk membuat iklan yang menjual
  5. Banjir pengunjung dengan sihir permainan kata

Konten di atas akan memberi Anda sedikit gambaran mengenai tulisan persuasif. Pelajari konten-konten tersebut dengan baik dan maju ke langkah berikutnya.

Goal: Memahami dasar-dasar copywriting

Waktu: 4 jam

Tingkatkan Keahlian Copywriting Anda

Seorang copywriter adalah salesman in print. Artinya, Anda harus bisa menjual penawaran yang Anda tulis dalam sebuah copy. Anda dituntut mampu mengaplikasikan keahlian copywriting Anda ke dalam format konten yang dibutuhkan klien.

Anda bisa menulis copywriting untuk jenis-jenis konten di bawah ini. Silakan pilih 2 sampai 3 jenis yang ingin Anda fokuskan. Tidak perlu belajar semuanya, tapi mempraktekkan keenam jenis copywriting di bawah ini tentunya bermanfaat untuk Anda.

Apa saja jenis copywriting yang mendatangkan banyak uang dan banyak dicari?

Skill Copywriting yang Banyak dicari

  1. Pelajari cara membuat tajuk utama / headline
    Keahlian menulis tajuk utama atau headline adalah keahlian penting yang harus dimiliki setiap orang yang mengaku sebagai copywriter.
    Pelajari cara menulis headline dengan baik.
  2. Pelajari cara membuat value proposition
    Value proposition adalah copywriting yang memuat pernyataan produk atau jasa apa yang perusahaan tawarkan, nilai-nilai perusahaan, dan siapa target pasar perusahaan tersebut.
    Value proposition berkaitan dengan Customer Relation Management (CRM) dan sebaiknya Anda pelajari untuk memperdalam copywriting.
  3. Pelajari cara membuat landing page
    Copywriting Landing Page page paling banyak dicari di jagat dunia maya. Inilah alasan saya menawarkan jasa copywriting landing page. Setiap bisnis memerlukan website dan kesuksesan website tersebut bergantung pada kesuksesan landing page yang ada.
    Cara membuat Landing Page dengan konversi tinggi.
  4. Pelajari cara menulis sales email
    Email copywriting juga banyak dicari oleh digital marketer karena diperlukan oleh siapa saja. Berbeda dengan landing page yang hanya perlu ditulis sekali, email copywriting harus selalu baru dan fresh setiap minggu.
    Pelajari ide konten email yang menarik untuk pemula.
  5. Pelajari cara menulis iklan
    Ad copywriting adalah bapak moyangnya copywriting dan semakin dibutuhkan saat ini. Anda akan selalu dicari-cari oleh pebisnis jika mampu membuat copywriting iklan yang mengkonversi.
    Dasar-dasar membuat Ad copy dengan mudah.
  6. Pelajari cara menulis video script
    Terakhir adalah video script copywriting. Saya pernah menulis video script copywriting untuk klien luar negeri, tapi saya bukan yang terbaik. Saya sendiri masih belajar menulis video script, jadi tidak banyak yang bisa saya sampaikan.
    Tapi copywriting video script juga banyak dicari terutama oleh pebisnis yang menawarkan jasa puluhan juta, seperti webinar, properti, kursus, dan sebagainya.
    Tulis video script copywriting yang mengkonversi.

Goal: Memperdalam keahlian copywriting Anda di 2 atau 3 fokus

Waktu: 12 jam

Dapatkan Klien Pertama Anda

Keahlian copywriting yang sebenarnya hanya bisa Anda dapatkan dari menulis copy untuk klien. Keahlian Anda adalah 10% teori dan 90% praktek langsung.

Anda bisa membaca banyak teori tentang copywriting dan hal tersebut tidak memerlukan waktu lama. Waktu 12 jam cukup untuk membaca mengenai enam fokus yang saya sebutkan di atas dan Anda bisa memilih mana yang akan Anda coba. 

Tapi untuk mendapatkan klien copywriting pertama, bisa jadi cukup lama. Tiga bulan adalah waktu yang realistis.

“Bagaimana saya bisa mendapat klien kalau belum pernah menulis copywriting sebelumnya?”

Atau mungkin, pertanyaan Anda kurang lebih seperti ini.

“Apa ada orang yang mau membayar saya untuk jasa copywriting padahal belum pernah membuat copywriting sebelumnya?”

Jika Anda baru memulai langkah pertama, jangan pikirkan mengenai keuntungan yang akan Anda dapatkan. Anda harus bersedia kerja gratis demi membangun portfolio.

Anda perlu praktek yang sesungguhnya.

Mulailah dengan membuat copywriting untuk bisnis copywriting Anda sendiri. Kalau Anda ingin bekerja freelance, maka Anda juga pemilik bisnis yang memerlukan copywriting yang nendang.

Selanjutnya, tunjukkan copywriting buatan Anda kepada copywriter lainnya yang sudah berkarir lebih dulu dan minta saran kepada mereka. Beberapa mungkin akan menolak, tapi Anda harus terus mencoba.

Setelahnya, tawarkan jasa Anda kepada teman dan kenalan. Tidak perlu fokus pada bayaran (meskipun kalau Anda bisa dapat klien yang bersedia membayar, why not?) karena fokus Anda saat ini adalah berlatih dan mendapatkan kritik saran sebanyak mungkin dari copywriter yang sudah mahir.

Setelah Anda membuat 3 sampai 5 copywriting dari berbagai niche bisnis, sekarang saatnya mencari klien yang bersedia membayar Anda. Ingat, tidak ada cara lain menjadi copywriter selain menulis dan menulis!

Goal: Mendapatkan klien pertama

Waktu: 3 bulan

Mulai Menjadi Copywriter dan dapatkan Klien yang Bersedia Bayar

Target Anda selanjutnya adalah mencari orang yang bersedia membayar jasa copywriting Anda. Mulailah mencari orang potensial yang bersedia membayar jasa Anda sebesar Rp 25.000 untuk copywriting yang Anda buat.

“Wah, murah sekali!” protes Anda.

Sebagai orang baru di dunia copywriting, Anda tidak memiliki network dan kenalan yang bisa merekomendasikan Anda. Plus, Anda belum memiliki rekam jejak yang bisa membuktikan bahwa copywriting buatan Anda memang memberi hasil yang diharapkan.

Perusahaan dengan uang besar tidak mengenal Anda, tidak mengetahui copywriting Anda. Mereka bahkan tidak tahu Anda ada! Tidak ada perusahaan besar yang bersedia membayar Anda puluhan juta rupiah kecuali Anda mampu memberikan copywriting yang jauh lebih baik dari yang mereka punya saat ini.

Ketika klien membayar Anda Rp 25.000 untuk copywriting, mereka tidak mengharapkan copywriting yang langsung berhasil mengkonversi. 

If you pay peanuts, you get monkey.

Ada harga ada rupa.

Kalau Anda ingin mendapatkan bayaran tinggi sebagai copywriter, Anda harus bersedia mulai dari bayaran rendah, lalu naik setingkat demi setingkat.

Di awal karir Anda sebagai copywriter, terima segala jenis niche bisnis untuk mengetahui mana yang Anda suka. Ini biasa disebut generalist copywriter, artinya Anda menulis hampir untuk semua industri.

Ambil semua tawarkan pekerjaan dan buat copywriting untuk mereka sebaik mungkin. Besar kemungkinan Anda akan bertemu dengan klien yang bersedia tumbuh bersama Anda selama beberapa tahun ke depan.

Setelahnya, Anda sebaiknya menjadi copywriter spesialis di niche tertentu, seperti copywriter skin care, guest house, atau khusus menulis iklan copy untuk makanan. Anda berpotensi mendapat bayaran lebih.

Goal: Mendapatkan uang sebagai copywriter profesional

Waktu: 1 tahun

Tidak Ada Cara Instan Menjadi Copywriter

Setelah Anda mulai menapaki karir sebagai copywriter baik freelance ataupun in-house, Anda harus mengiringi keahlian Anda dengan keahlian lain. Misalnya, Anda bisa belajar Search Engine Optimization on Page, belajar bahasa asing, public speaking, storytelling, marketing strategy, funneling, inbound marketing, dan lain-lainnya yang sejenis.

Keahlian Pendukung untuk Copywriter
Skill pendamping seorang copywriter

Semua hal di atas tidak bisa diraih dalam satu-dua tahun. Anda harus mendedikasikan minimal sepuluh tahun agar bisa menjadi copywriter yang dicari dan mengetahui seluk beluk periklanan. Anda sebaiknya mengiringi karir dengan membangun network dan mengenal banyak orang.

Di awal karir sebagai copywriter, sangat mungkin Anda akan kekurangan uang dan tergiur profesi lain yang menghasilkan uang dengan cepat. Kalau akhirnya Anda balik kanan, saya tidak menyalahkan Anda. Seandainya saya punya skill lain yang menghasilkan uang banyak dan cepat (selain pelihara babi ngepet, tentunya) mungkin saya pun tidak akan jadi copywriter. Hehehe…

Saya sendiri suka menulis sejak sekolah dasar tapi baru berani menjajaki dunia penulisan setelah memiliki pendapatan stabil. Kalau Anda masih belum memiliki tanggungan, menjadi copywriter sekarang bisa jadi titik balik karir Anda di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Menjadi Copywriter

Cara Menjadi Copywriter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *