Contoh Copywriting Properti & Jual Rumah (plus Tips!)

Aicha Mahavikri

Aicha Mahavikri

Copywriter, word nerd, & SEO enthusiast
Copywriting-Properti-Jual-Rumah

Bagikan artikel ini & sebarkan ilmu bermanfaat

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
4 2 votes
Article Rating

Modal bisnis properti termasuk besar. Harga tanah terus naik, begitu pula harga bahan bangunan. Agar balik modal, Anda harus mampu menjual rumah. Tak perlu repot belajar. Lihat saya contoh copywriting jual rumah dan properti berikut ini.

Copywriting-Properti-Jual-Rumah
Ikuti contoh copywriting properti dan simak 5 tips nya untuk menulis iklan jual rumah

Membuat copywriting untuk jualan rumah atau properti sebenarnya tak jauh berbeda dengan copywriting bisnis guesthouse dan hotel.

Dalam copywriting yang Anda buat, Anda harus menyebutkan jenis properti, karakteristik, dan detail rumah. Selanjutnya, Anda hanya perlu memikirkan tipe orang seperti apa yang cocok dengan rumah yang Anda tawarkan.

3 Contoh Copywriting Properti

Jujur saja, saya kesulitan menemukan copywriting properti yang menurut saya bisa dijadikan contoh yang baik. 

Awalnya, saya ingin mengambil screenshot dari marketplace properti saja, lalu saya bahas kelebihan dan kekurangannya.

Tapi, saya pikir akan lebih baik kalau Anda belajar dari copywriting yang saya buat saja, lalu saya berikan alasan kenapa saya tulis demikian.

Setuju?

Oke, lanjut!

#1. Contoh Copywriting Jual Rumah Keluarga Mewah

Saat lebaran, semua keluarga pasti berkumpul untuk saling sapa dan silaturahmi. Oleh sebab itu, Anda memerlukan rumah yang luas dengan ruang tamu yang lega.

Rumah 2 lantai di Jagakarta ini memiliki ruang tamu dan ruang makan yang bisa digabung jadi satu sehingga luasnya mencapai 20 meter persegi.

Jangan khawatir! Ruang tamu dan ruang makan tetap bisa dipisah dengan pintu kaca lipat yang terbuat dari alumunium. Jadi kapan saja Anda perlu privasi ketika menerima tamu, Anda bisa menutup pintu kaca dan gorden yang sudah terpasang.

Selain itu, rumah ini juga memiliki kamar mandi tamu yang dekat dengan pintu masuk. Akses kamar mandi yang mudah membuat tamu tidak perlu masuk ke bagian rumah yang lebih privat.

Detail properti:

  • Luas tanah: 200 meter persegi
  • Luas bangunan: 250 meter persegi
  • Luas lantai 1: 150 meter persegi
  • Luas lantai 2: 100 meter persegi
  • Jumlah lantai: 2
  • Kamar tidur: 4
  • Kamar mandi: 2
  • Kamar mandi tamu: 1
  • Garasi: 1
  • Carport: 1

Fitur terbaik:

  • Lantai marmer baru, renovasi tahun 2019
  • Posisi hook dengan taman hadap dua muka
  • Dapur luas dengan kitchen set dan kompor modena 4 tungku
  • Kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam lengkap dengan shower

Lingkungan:

  • 10 menit ke taman kota
  • 20 menit dari pusat kuliner
  • 30 menit dari SMP & SMA negeri

Nah kira-kira, demografi seperti apa yang saya tuju jika membuat copywriting seperti ini?

Jawabannya, saya menyasar orang-orang kaya sosialita karena harga rumah ini tentu tidak murah. Sekitar 2 Milyar. Untuk harga sedemikian tinggi, tentu Anda harus bisa menempatkan diri sebagai orang kaya yang suka kumpul-kumpul.

#2. Contoh Copywriting Ruko

Kemudahan parkir dan akses pengunjung adalah penentu apakah toko Anda akan banyak didatangi atau sepi-sepi saja. Ruko Tanjung Mas terletak di komplek ruko dan pusat bisnis Jakarta dengan parkir bawah tanah yang luas dan mudah diakses.

Dengan luas mulai dari 100 meter persegi, Ruko Tanjung Mas cocok untuk Anda jika ingin memulai bisnis skala kecil dan menengah. Lokasi dekat dengan SMP, SMA, dan kos pekerja. Bisa digunakan untuk bisnis laundry, pulsa, kafe, atau produk fashion.

Desain ruangan yang fleksibel dan bagian depan yang terbuat dari kaca memudahkan desain interior agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Soal keamanan? Jangan khawatir!

Setiap Ruko Tanjung Mas dilengkapi dengan folding gate besi dan CCTV 24 jam di pintu masuk dan bagian luar. Aset Anda terjaga siang dan malam.

Detail properti:

  • Luas bangunan: 100 meter persegi
  • Kamar mandi dalam dengan toilet dan wastafel
  • Teras 2 meter
  • Bonus 2 CCTV; 1 dalam, 1 luar

Fitur terbaik:

  • 10 menit dari stasiun Bojong Gede
  • Lahan parkir bawah tanah untuk 50 mobil dan 100 motor
  • Cat bagian dalam berwarna putih, sudah terlapis anti jamur, anti lembap, dan anti air, siap didekorasi sesuai keinginan Anda

Copywriting ruko ini ditujukan untuk pelaku bisnis yang mencari ruang usaha. Baik sebagai penyewa, maupun pembeli.

Lihat bagaimana saya menyebutkan bahwa ruko ini cocok untuk usaha kecil dan menengah lalu menyebutkan prospek usaha yang bisa dijalani karena lingkungan ruko tersebut?

Nah, untuk menjual properti bisnis, copywriting Anda harus menyebutkan prospek yang dimiliki oleh ruko tersebut, seperti contoh yang saya buat di atas.

#3. Contoh Copywriting Properti Bisnis/Kantor

Hanya 5 menit dari stasiun utama, gedung 7 lantai ini cocok untuk menjadi kantor pusat perusahaan Anda. Saat ini, sudah ada Ernest & Young, Deutsche Bank, dan Exxat yang menempati sebagian gedung. Apakah kantor Anda akan menempati sebagian berikutnya?

Terletak di seberang menara Victoria yang terkenal, gedung ini baru saja dibangun tahun 2015 dan selesai tahun 2019 dengan kualitas bangunan standar eropa dan sistem keamanan terbaik.

Setiap pekerja bermimpi untuk bekerja di gedung ini karena bangunannya yang megah, luas, dan hanya ditempati oleh perusahaan-perusahaan terkenal.

Siap menempati bangunan ini untuk karyawan Anda? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Penjualan properti bisnis untuk kantor biasanya tidak menyebutkan banyak detail. Malahan, biasanya Anda tidak bisa mendapat listing yang pasti. 

Properti kantor dan gedung-gedung umumnya dijual secara tertutup melalui agen-agen tertentu.

Nah, kalau Anda harus menulis copywriting untuk gedung kantor, ikuti contoh di atas.

Saya menyebutkan jenis bisnis yang sudah menempati karena biasanya, perusahaan yang berada dalam niche yang berdekatan menempati gedung yang berdekatan pula.

Ernest & Young bergerak di bidang akuntansi, dan Deutsche Bank adalah Bank Jerman. Meskipun Exxat bergerak di bidang IT, tapi masih bisa sejajar.

Tentunya, copywriting ini menarik minat calon pembeli atau penyewa properti yang memiliki perusahaan yang mirip, misanya perusahaan Sekuritas atau Asuransi.

Perusahaan produsen makanan atau pembersih rumah tangga tidak akan tertarik untuk menyewa kantor di lingkungan ini.

#4. Contoh Copywriting Apartemen

Ingin punya privasi sendiri tapi nggak suka tinggal di kos-kosan? Apartemen studio lebih cocok buat kamu yang berjiwa muda dan ingin tinggal di kota dengan budget minim.

Apalagi buat kamu yang suka hangout dan kumpul-kumpul bareng temen, Apartemen Taman Mawar tipe studio punya ruang tamu dan dapur pantry terbuka yang cocok buat acara masak atau nonton bola bareng!

Dengan dinding tebal plus pintu kedap suara bikin privasi kamu lebih terjaga, aman, dan bikin kamu lebih nyaman dari tinggal di kos-kosan!

Detail properti:

  • Luas apartemen: 35 meter persegi
  • Kamar tidur: 1
  • Kamar mandi: 1
  • Dapur & ruang tamu

Dalam menulis copywriting apartemen, Anda sebaiknya juga menyebutkan fasilitas apartemen yang ditawarkan. 

Misalnya saja kolam renang, fitness center, kemanan, atau bahkan supermarket 24 jam.

5 Tips Menulis Copywriting untuk Jual Rumah

Anda ingin menjual rumah tahun ini?

Tak masalah jika Anda beriklan di Facebook, rumah123.com, olx.co.id, atau koran, Anda pasti ingin menarik minat pembeli.

Copywriting untuk jual rumah yang bagus bisa meningkatkan jumlah orang-orang yang menghubungi Anda, mempercepat proses jual beli, dan pada akhirnya mempersingkat waktu Anda yang berharga.

Ikuti 5 tips terbaik untuk menulis copywriting properti berikut ini;

#5. Hindari penggunaan buzzwords yang sudah basi

Menggunakan kata-kata yang sudah basi seperti “cantik, mewah, dan menarik” sebenarnya malah menurunkant ingkat konversi.

Meskipun faktanya, memang ada properti yang cocok dengan deskripsi demikian, tapi seringnya malah disalahgunakan oleh agen dan copywriter kurang berpengalaman.

Penggunaan kata-kata ini sudah basi dan biasanya malah menurunkan ekspektasi calon pembeli.

Selain itu, buzzwords ini sudah terlalu sering dipakai oleh penjual properti lainnya. Akibatnya, iklan Anda membosankan, tidak menarik, dan mudah dilupakan.

Solusinya, ganti buzzwords di atas dengan sinonim atau kalimat deksripsi. Silakan gunakan Tesaurus sinonim kata.

Atau lebih baik, kunjungi properti yang ingin Anda jual dan perhatikan fitur-fitur unik yang ingin Anda tampilkan.

Misalnya, daripada Anda menulis pemandangan cantik, akan lebih baik kalau Anda tulis lebih detail dengan membuat deskripsi seperti ini;

Bangun pagi dengan pemandangan 180 derajat menghadap laut setiap hari.

Copywriting seperti ini tidak hanya bisa menarik perhatian calon pembeli, tapi bisa membuat iklan Anda lebih mudah diingat.

#4. Pikirkan demografi yang Anda tuju

Tips lainnya dalam membuat copywriting properti adalah menempatkan posisi Anda sebagai demografi target ketika sedang menulis.

Kalau Anda memasarkan rumah dengan dua kamar, sebaiknya copywriting Anda dibuat khusus untuk orang-orang yang ingin tinggal di rumah yang lebih kecil, pekerja profesional, atau pasangan muda.

Sebutkan fitur-fitur yang menarik bagi mereka seperti kafe terdekat, fasilitas hiburan, dan komunitas lokal.

Kalau Anda memasarkan rumah dengan tiga kamar atau lebih, sebaiknya Anda berusaha menarik keluarga kecil dengan menyebutkan taman di lingkungan sekitar, taman bermain, dan sekolah.

#3. Tampilkan fitur terbaik

Tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat properti Anda menarik?

Apakah lokasinya yang strategis, ataukah sejarah properti tersebut?

Apakah dapurnya yang menggunakan standar Eropa, atau balkon luas yang bisa digunakan untuk bersantai?

Daripada Anda menyebutkan fitur rumah Anda satu per satu, akan lebih baik jika Anda menyebutkan fitur terbaik sespesifik mungkin dan copywriting yang deskriptif. Lalu, lengkapi dengan foto fitur tersebut.

Kenapa Anda harus gunakan tips ini dalam menulis copwyriting properti?

Karena Anda hanya menyebutkan fitur terbaik dan tidak menyebutkan semua, calon pembeli akan penasaran.

Rasa penasaran akan mendorong pembeli untuk mengirim pesan dan menghubungi Anda.

Kalau Anda bingung, coba tanyakan ke vendor properti Anda. Tanya apa yang mereka suka dari properti yang mereka tawarkan. Toh, mereka juga sebelumnya pembeli.

#2. Gunakan angka dengan tepat

Dalam copywriting properti yang Anda buat, gunakan angka dengan tepat. Misanya, kalau Anda ingin memasukkan jarak antara properti Anda dengan tempat-tempat lainnya.

Gunakan angka ketika menyebutkan jumlah kamar, lantai, ukuran tanah, ukuran bangunan, hingga potensi keuntungan bagi investor.

Tak ada salahnya jika Anda menyebutkan tahun pembangunan atau tahun renovasi kalau memang keduanya termasuk dalam selling point.

#1. Usahakan tetap singkat dan simpel

Bicara soal copywriting jual rumah, tulisan yang simpel dan singkat memiliki tingkat sukses lebih tinggi. Meskipun Anda perlu menjelaskan detail dengan spesifik dan deskriptif, jangan melebar hingga Anda menjelaskan terlalu banyak.

Ingat. Tujuan Anda membuat copywriting properti ini untuk menarik pembaca agar menghubungi Anda. 

Terlalu banyak tulisan dan detail malah akan membuat calon pembeli bosan dan akhirnya malas menghubungi.

Untuk menjaga agar copywriting properti Anda tetap singkat dan simpel, masukkan;

  • Judul emosional yang menarik bagi demografi yang Anda tuju
  • Deskripsi fitur terbaik dari properti Anda
  • Daftar ringkasan fitur properti Anda yang menjadi selling point.

Susun copywriting properti Anda seakurat mungkin agar rumah yang Anda jual muncul jika calon pembeli menggunakan filter yang ada di marketplace.

Sudah Bisa Membuat Copywriting Properti?

Ikuti contoh yang sudah saya ringkas di atas. Anda bisa menggunakan metode ATM dan tambal sulam untuk membuat copywriting yang baik.

Selama Anda mengikuti contoh yang benar dan tepat, copwyriting properti yang Anda buat seharusnya tidak jelek-jelek amat.

Kalau Anda masih kesulitan membuat copywriting untuk menjual rumah, properti, atau bangunan lainnya, coba konsultasikan ke Wordpixels Creative Writing.

4 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments