Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Bisa Anda Tiru

Aicha Mahavikri

Aicha Mahavikri

Copywriter & SEO Practitionaire
Contoh Copywriting Skin Care Produk Kecantikan

Bagikan artikel ini & sebarkan ilmu bermanfaat

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email

Dalam menciptakan copywriting skin care, Anda memerlukan contoh dari winning copy yang telah beredar. Dengan metode ATM atau yang dikenal dengan Amati-Tiru-Modifikasi, Anda bisa membuat copywriting produk kecantikan dengan mengikuti contoh berikut ini.

Contoh Copywriting Skin Care Produk Kecantikan
Ikuti contoh copywriting produk perawatan wajah berikut ini agar Anda mampu menciptakan tulisan yang lebih baik

Salah satu niche produk yang memiliki repeat order tinggi adalah kecantikan. Ketika Anda mengikuti contoh copywriting produk kecantikan yang berhasil menyuarakan hasrat terpendam para wanita, besar kemungkinan produk Anda juga akan dicintai pelanggan.

Salah seorang CEO produk kecantikan yang saya kenal mengakui bahwa repeat order niche ini sangat menjanjikan. Sebabnya, ketika seorang wanita (atau bahkan pria sekalipun) sudah cocok dengan satu produk perawatan kulit, maka tidak akan berpindah ke lain hati.

Umumnya, produk-produk seperti ini akan habis pakai dalam satu bulan, dan sudah masuk dalam anggaran belanja bulanan. Hasrat beli tinggi didorong oleh keinginan tampil mempesona bagi pasangan membuat produk perawatan kulit menjamur di sana sini.

Bahkan lotion pemutih hasil campuran steroid pun akan dibeli jika dibanderol dengan harga menggiurkan dan copywriting yang mantab jaya. Nah, produk kecantikan Anda bukan campuran steorid, punya sertifikasi BPOM, bahkan mungkin kandungannya termasuk vegan dan halal. Maka jangan takut bersaing dengan produk kecantikan abal-abal yang merusak.

Simak contoh copywriting produk kecantikan yang saya temukan di bawah ini.

Artikel Terkait:
5 Prinsip Copywriting NLP untuk Iklan Mematikan – Bag. #1
Cara Menjadi Copywriter: Langkah Konkret Menjadi Penulis Mahal
Cara Membuat Landing Page dengan Konversi Tinggi

#1 Erha Lovefebration

Copywriting Erha Aesthetic
Landing Page Ads Erha Store pada Event Valentine 2020

Memadukan kata ‘Love’ dan ‘Vibration’ yang diplesetkan menjadi Love Febration adalah ide bagus bagi target market Erha, mengingat produk kecantikannya menyasar pasar menengah keatas.

Erha Store mengetahui pasti bahwa user yang mencari produk kecantikan kulit dan mengklik tautan Erha Store adalah calon pelanggan yang akrab dengan istilah bahasa inggris.

Bagi user yang bukan target market Erha, mungkin tidak bisa menangkap apa yang ingin Erha katakan dengan kata Lovefebration. Mungkinkah berasal dari kata Love + February + Celebration?

Untuk Landing Page toko online, Erha memberikan detail cukup yang bisa dimengerti oleh calon pembeli yang memang sudah berniat membeli. Tapi bagi yang masih lihat-lihat dan mencari produk yang pas, Erha Store belum memberikan informasi yang saya cari.

Secara pribadi, saya akan mencari ulasan produk (yang jarang sekali ada di halaman Erha Store), estimasi berapa lama produk akan menunjukkan hasil (meskipun hanya rata-rata), dan apakah aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Kekurangan pertama, masih ada sedikit typo yang harus diperbaiki dan memerlukan proses editorial, serta diskon yang terkesan ‘sedikit sekali’. Eh, tapi mungkin ini hanya kantong saya yang berteriak minta diskon lebih.

Kekurangan kedua, nama produk yang njlimet membuat Anda harus tahu dulu apa yang Anda inginkan, dan cari produk tersebut berdasarkan kategori, atau Anda harus menebak apa arti nama produk tersebut – yang memang mudah dimengerti, tapi tidak mudah diidentifikasi.

Ketiga, readibility detail produk masih kurang. Anda harus membaca rinci satu persatu dan tidak bisa sekedar dibaca memindai (scan). Erha Store masih bisa meningkatkan readibility dengan menggunakan ukuran font berbeda, bold, italic, dan ejaan yang tepat.

Secara keseluruhan, copywriting produk Erha bisa Anda jadikan contoh awal dalam membuat deskripsi untuk niche kecantikan. Tapi saya yakin, Anda bisa membuat copywriting yang lebih baik lagi.

#2 Ultima II Early Aging Ads

Landing Page Skincare
Landing Page Ultima II

Ultima II menyajikan Landing Page dengan target spesifik dan desain elegan, membuat saya langsung merasakan kemewahan produk kecantikan ini.

Copywriting yang ditampilkan pun sederhana dan tepat sasaran tanpa mengatakan hal-hal yang tidak perlu seperti yang sedang saya lakukan sekarang di kalimat ini.

Dua kalimat yang tersusun dalam dua baris ini menyuarakan teriakan batin wanita bahwa kulit sehat dan segar adalah investasi. Saya yakin emak-emak pasti setuju, kan?

Kelebihan yang saya suka adalah landing page ini muncul dengan tag Iklan (Ads) ketika saya mengetikkan kata kunci ‘skincare anti aging‘. Lalu Ultima II menampilkan halaman dengan copywriting yang memang hanya produk anti aging, tidak bercampur baur dengan produk kecantikan lainnya yang tidak relevan.

Halaman ini jelas memudahkan saya dalam mencari produk dan dengan tepat memberikan apa yang saya cari.

Ultima II memang memberikan nama produk yang panjang seperti produk kecantikan lainnya di contoh ini, tapi dalam deskripsi produk, Ultima II memberikan satu-dua kata sebagai penjelasan produk tersebut.

Contoh Deskripsi Produk Kecantikan
Deskripsi Produk Singkat Ultima II

Anda pasti sadar bahwa tidak ada harga tertera langsung. Anda harus meng-klik produk pilihan, lalu harga akan muncul. Langkah ini bisa Anda tiru jika produk Anda menyasar pasar High End.

Seperti yang saya katakan di awal, saya sudah mendapat feeling kemewahan produk ini, tapi agar saya tidak cepat-cepat menutup halaman tersebut, Ultima II membuat saya kepo dengan harganya, yang membuat saya meng-klik produk.

Setelah meng-klik produk, Anda akan diarahkan pada halaman produk yang lebih detail. Readilibity-nya bisa saya katakan cukup mudah dibaca dan tidak banyak kata-kata yang tidak perlu.

Copywriting dalam deskripsi produk kecantikan Ultima II bisa Anda jadikan contoh acuan dalam menulis karena semua informasi berada dalam satu halaman tanpa harus klik.

Kekurangannya, Ultima II belum cukup meyakinkan saya untuk membeli produknya selain (mungkin) dogma bahwa harga mahal berbanding lurus dengan kualitas.

Artikel Terkait:
Perbedaan Content Writing, Copywriting, dan Content Strategist
5 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Bisa Anda Tiru
Psikologi Copywriting, Rahasia Dibalik Produk Laris

#3 L’Occitane Immortelle Precious

Landing Page Produk Kecantikan
Landing Page L’ Occitane untuk Peremajaan Kulit

Landing Page satu ini menarik perhatian saya dengan desain segar plus bunga Immortelle di bagian atas. Copywriting singkat di sebelahnya menjelaskan mengapa rangkaian series L’Occitane Immortelle menggunakan bunga ini sebagai kandungan utama.

Sayangnya, tidak banyak penjelasan lainnya di halaman ini. Anda harus mengklik produk atau halaman lain untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Klik SELENGKAPNYA dan Anda akan diarahkan ke scroll di bawahnya. Terlalu berbelit menurut saya, untuk mendapatkan informasi singkat mengenai satu produk.

Contoh Copywriting Produk Kecantikan
Deskripsi singkat produk L’Occitane

Tidak banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di Landing Page L’Occitane. Bahkan setelah 2 klik, deskripsi yang Anda dapatkan lebih cocok dipasang di Instagram daripada website toko.

Secara pribadi, saya tidak akan membeli produk seharga ratusan ribu hingga satu juta jika penjualnya tidak bersedia mengambil langkah ekstra untuk meyakinkan pelanggan.

L’Occitane dapat memindahkan deskripsi halaman produk ke halaman Landing Page supaya tiap produk mendapat deskripsi singkat tanpa harus meng-klik produk.

Contoh copywriting dari L’Occitane ini bisa Anda jadikan gambaran jika Anda berniat membuat Landing Page yang tidak informatif. Saya yakin, jika Anda mengikuti panduan copywriting yang ada di internet secara gratis, Anda bisa membuat copywriting yang lebih baik daripada ini.

#4 Tabita Skin Care

Landing Page Tabita Skincare
Copywriting Tabita Skin Care

Landing Page Tabita Skin Care mengingatkan saya pada tampilan internet pada tahun 2003 di mana para developer website hanya menggunakan HTML dan CSS.

Saya yakin, Tabita Skin Care punya budget untuk membuat Landing Page yang sanggup closing lebih. Tapi toh, saya juga tidak tahu sudah berapa revenue yang masuk ke Sales Dept. Tabita melalui Landing Page ini.

Halaman ini sangat bisa ditingkatkan. Pertama, buat desain halaman yang memungkinkan pengunjung untuk membaca memindai.

Kedua, hilangkan hyperlink yang menyatu dengan teks. Malahan, hanya boleh ada satu hyperlink dalam satu landing page agar pengunjung tidak bingung dan akhirnya malas melanjutkan.

Ketiga, tampilkan foto produk yang ditawarkan langsung di halaman landing page. Saya menggunakan kata kunci ‘skincare anti aging‘ dan halaman ini muncul sebagai Iklan (Ads).

Menurut saya, halaman ini lebih cocok untuk halaman depan website dan tidak dipajang di ads, karena perlu klik lanjutan 2 kali untuk menemukan produk yang saya inginkan.

Copywriting produk kecantikan Tabita belum bisa dijadikan contoh yang baik jika Anda ingin belajar karena sedikit sekali informasi kandungan bahan yang ditampilkan.

Deskripsi Produk Skin Care
Sekilas terlihat sama dan deskripsi produk Tabita tidak cukup informatif

Sayang sekali jika Tabita Skin Care membakar uang untuk Google Ads tapi iklan yang ditayangkan masih belum menggugah pengunjung untuk membeli. Apalagi, halaman ini dibuat menggunakan wix site. Sayang sekali.

Artikel Terkait:
Ide Copywriting Sakti dari Marketplace
Bisnis Fashion Online: Cara Jualan Supaya Cepat Closing
Copywriting Lezat untuk Bisnis Makanan Start Up & UMKM

#5 Kiehl’s Perawatan Wajah

Contoh Copywriting Produk Kecantikan Kiehl’s

Ketika saya membuka iklan penawaran produk anti aging dari Kiehl’s, halaman ini muncul dan memberikan jajaran produk yang sesuai dengan pencarian saya.

Sejauh ini, landing page Kiehl’s berada di urutan kedua favorit saya setelah Ultima II. Kiehl’s memberikan deskripsi informatif, lengkap dengan harga, ukuran, dan rating.

Display produk kecantikan dari Kiehl’s

Elemen-elemen tersebut mempermudah saya untuk menjatuhkan pilihan meskipun ada banyak produk dalam satu halaman yang harus saya pilih.

Ketika saya klik salah satu produk, akan muncul pop-up yang menjelaskan deskripsi produk. Yang saya suka, Kiehl’s menjelaskan produknya dalam satu kalimat. Perhatikan tulisan berwarna merah di bawah nama produk.

Deskripsi Lanjutan Produk Kiehl’s

Beberapa produk memang hanya memiliki satu baris kalimat deskripsi, namun beberapa lainnya memiliki penjelasan lebih lanjut.

Saya rasa, halaman ini bisa berpotensi memberikan revenue yang tinggi bagi Kiehl’s. Tapi kekurangan banyak terletak pada penggunaan kata-kata bahasa Inggris yang sebenarnya bisa (tapi tidak) diterjemahkan.

Copywriting produk kecantikan dari Kiehl’s ini bisa Anda ikuti sebagai contoh. Anda tentunya bisa membuat copywriting yang lebih baik lagi dan minim kesalahan, typo, atau penggunaan kata-kata yang tidak pada tempatnya.

Copywriting Saja, Ads Saja

Saya melihat banyak orang-orang baru di internet marketing, tapi sedikit yang secara khusus mempelajari konversi landing page, terutama copywriting.

Bahkan di lingkungan terdekat saya, banyak yang rela menghabiskan uang jutaan untuk iklan Google Ads, tapi landing page dan iklannya masih ala kadarnya.

Beberapa orang menampilkan halaman ikan yang belum siap dan belum teroptimasi dengan dalih mengejar revenue. Tapi revenue macam apa yang bisa diharapkan dari halaman iklan yang bahkan tidak responsif?

Ads dan copywriting tidak bisa dipisahkan. Jika Anda ingin mensukseskan kampanye iklan, maka copywriting adalah langkah pertama yang harus Anda ambil.

Langkah kedua, pastikan desain Anda mudah dibaca dan kontras dengan warna teks. Gunakan gambar seperlunya dan dengan alasan tepat.

Langkah ketiga, tingkatkan kecepatan website tanpa mengganggu atau merusak tampilan CSS dan gambar. Dalam beberapa kasus, gambar bisa jadi tidak muncul karena kesalahan setting.

Langkah keempat, jika Anda mampu, berikan kurang lebih 300 kata untuk SEO pada halaman iklan Anda. Selain memberi informasi lebih, halaman yang dilengkapi dengan artikel singkat SEO bisa memberi Anda trafik organik di masa depan.

Artikel Terkait:
Contoh Copywriting untuk Penginapan, Hotel, & Guesthouse
Copywriting Bisnis Skin Care Bikin Profit Melejit Hingga 132%
7 Langkah Belajar Copywriting untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pelajari ilmu Lainnya

Belajar Copywriting

7 Langkah Belajar Copywriting untuk Pemula

Jika Anda memutuskan untuk belajar copywriting, Anda sudah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Panduan copywriting dengan contoh ini saya tulis untuk membantu Anda membuat copywriting selangkah demi selangkah.