23 Contoh Copywriting Instagram dari 10 Niche Berbeda!

Aicha Mahavikri

Aicha Mahavikri

Copywriter, word nerd, & SEO enthusiast
Contoh-Copywriting-untuk-Instagram

Bagikan artikel ini & sebarkan ilmu bermanfaat

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
5 1 vote
Article Rating

Penggunaan copywriting di Instagram tergantung pada tujuan postingan yang diterbitkan. Ada yang digunakan untuk meningkatkan jumlah followers, atau menjual produk. Apapun tujuan Anda, berikut ini adalah 10 contoh copywriting Instagram yang bisa Anda tiru.

Contoh-Copywriting-untuk-Instagram
Beberapa akun Instagram menerapkan prinsip krusial dalam membuat copywriting, simak contohnya

Berdasarkan statistik bulan Oktober 2020, pengguna aktif Instagram setiap bulannya mencapai 1 milyar lebih sementara pengguna aktif harian mencapai 500 juta orang.

Sedangkan menurut Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta orang atau 22,6% dari keseluruhan jumlah penduduk Instagram.

Dengan pasar sebesar itu, tak heran kalau 75% bisnis memiliki akun Instagram, baik untuk meningkatkan awareness atau revenue.

Sebagai pebisnis, Anda mungkin ingin meningkatkan jumlah like & share. Mungkin, Anda ingin meningkatkan sales dengan menyewa jasa paid-promote di Instagram.

Mungkin juga, Anda ingin membuat akun publik yang kemudian Anda gunakan sebagai ujung tombak promosi Anda sendiri.

Tak masalah apapun tujuan Anda, kalau ingin meningkatkan engagement rate, impression, dan reach Instagram, Anda perlu menerapkan teknik copywriting.

Copywriting Instagram memiliki karakteristik yang berbeda dengan copywriting landing page, sales page, atau copywriting marketplace

Ini karena karakteristik Instagram yang menonjolkan gambar, bukan tulisan.

Nah, karena fotografi bukan bidang saya, kali ini Anda akan belajar tentang copywriting Instagram dari segi tulisan atau caption.

Pelajari juga: Kalau Anda tertarik mempelajari copywriting lebih dalam, saya sudah membuat panduan belajar copywriting yang lengkap. Ikuti cara-cara dalam artikel tersebut untuk membuat tulisan iklan yang mengkonversi. Kalau ingin versi singkat dan cepat, silakan cek artikel belajar copywriting untuk pemula.

Prinsip Copywriting Instagram

Kalau saat ini Anda berjualan dengan akun Instagram, Anda pasti sudah paham bahwa copywriting yang baik bisa meningkatkan jumlah likes, share, dan comments..

Akun Instagram yang digunakan untuk berjualan sudah sewajibnya juga membagikan postingan seputar tips, pertanyaan, storytelling, dan hal lainnya yang berbau customer-oriented, bukan product-related.

Ada trik tersendiri dalam menulis caption Instagram. Namun hari ini, Anda akan belajar cara membuat copywriting iklan Instagram.

Pada dasarnya, ada 3 prinsip menulis copywriting untuk Instagram ads, yaitu:

#1. Apa yang pelanggan Anda inginkan?

Ketika Anda membuat copywriting Instagram, Anda tidak hanya fokus pada produk yang Anda tawarkan.

Coba pikirkan pelanggan Anda. Apa manfaat yang bisa pelanggan peroleh jika menggunakan produk atau jasa Anda?

Misalnya, kalau Anda berjualan kaos, jangan hanya mendeskripsikan bahan atau warna. Jelaskan apa yang akan mereka dapatkan ketika mengenakan kaos Anda.

Apakah kaos Anda membuat pelanggan terlihat lebih menarik? Apakah kaos Anda mewakilkan karakter pelanggan? Akankah pelanggan terasosiasi dengan grup tertentu ketika menggunakan kaos Anda?

#2. Call-to-action (CTA)

Jelaskan pada pelanggan Anda, apa yang harus Anda lakukan agar iklan Anda berujung pada sales.

Mungkin saja, Anda menawarkan buy 1 get 2 bagi yang like & share postingan Instagram Anda. Atau, Anda menawarkan gratis ongkir bagi yang men-tag kawan mereka di kolom komentar.

Gunakan kata-kata seperti:

  • Beli sekarang
  • Tulis komentar
  • Like postingan ini
  • Tag teman kamu

#3. Pain Points

Seperti penjelasan saya di artikel psikologi jualan, seseorang mungkin saja membeli barang untuk menjauhkan mereka dari rasa sakit (pain point).

Poin inilah yang harus Anda tulis ketika membuat copywriting Instagram. Tanyakan pada diri Anda, masalah apa yang bisa Anda selesaikan dan tuliskan hal tersebut dalam copywriting iklan Instagram Anda.

Contohnya saja, bagi pemilik bisnis yang kesulitan menaikkan followers Instagram organik, copywriting Anda bisa jadi seperti ini:

“Sulit menaikkan jumlah followers dan nggak sempet posting?“

Kalimat di atas jelas mendeskripsikan pain point yang dialami oleh para pemilik bisnis dan praktisi social media marketing.

Contoh Copywriting Instagram dari 10 Niche Berbeda

Kalau Anda sering membaca postingan saya di blog copywriting ini, Anda pasti paham kalau saya selalu memberi contoh.

Ini karena saya sendiri termasuk individu yang hanya bisa mengerti setelah diberi contoh. Teori saja tidak akan masuk ke kepala saya.

Oleh sebab itu, saya juga akan memberikan contoh copywriting Instagram supaya Anda bisa memahami teknik ini dengan baik.

Setelah Anda memahami 3 prinsip copywriting Instagram dan contoh sederhananya, sekarang saatnya Anda melihat akun-akun yang berhasil menerapkan prinsip di atas.

#1. Contoh Copywriting Instagram Donasi

Contoh Copywriting Instagram WWF
Contoh Copywriting untuk menggalang dana

Copywriting dari WWF ini mendapat respon paling tinggi di akun tersebut. WWF menggunakan teknik Storytelling untuk mendapat simpati pengguna Instagram dengan kalimat“Apa rasanya ketika keberadaanmu terancam karena menjadi target perburuan, rumah tempat berlindungmu rusak, dan tidak ada lagi tempat aman bagimu?”

Teknik tersebut termasuk dalam teknik NLP copywriting yang saya bahas dalam di artikel sebelumnya.

Contoh Copywriting Instagram Kitabisa
Copywriting Instagram dari Kitabisa memberikan gambaran visual yang kuat

Kalau Anda mencari contoh copywriting Instagram yang memiliki storytelling yang kuat dan emosional, Kitabisa [dot] com adalah sumbernya. Contoh copywriting dari akun ini selalu menarik perhatian saya.

Teknik copywriting yang diterapkan dalam postingan Instagram termasuk halus dan sudah terpoles.

Copywriting tersebut menonjolkan latar belakang tokoh yang ingin dibantu oleh pihak Kitabisa dengan menggalang dana. Kisah yang ditonjolkan pun bukan kisah biasa.

Perhatikan bagaimana copywriting tersebut menggunakan gaya penulisan orang pertama seolah-olah ibu dalam video postingan Instagram tersebut-lah yang berbicara pada audiens.

Lalu, perhatikan paragraf berikutnya di mana ibu tersebut dianggap gila oleh tetangga, tapi tetap bersemangat. Lalu, ketika cerita mulai seru, copywriting tersebut mulai memberikan alasan mengapa pembaca harus berdonasi.

Copywriting yang brilian, menurut saya.

#2. Contoh Copywriting Instagram Fashion

Contoh Copywriting Instagram Jubah Akhwat
Copywriting produk fashion religi termasuk yang sudah saturated, namun akun satu ini selalu hadir dengan copywriting yang menarik

Soal copywriting bisnis fashion, akun Jubah Akhwat menarik perhatian saya dan berhasil meyakinkan saya untuk beli produk mereka beberapa tahun silam. Menariknya, akun ini jarang sekali menawarkan produk jualan mereka di akun Instagram.

Alih-alih, mereka membagikan postingan dakwah dengan produk yang mereka jual sebagai gambarnya.

Teknik ini berhasil menciptakan brand image yang kuat karena setiap ada postingan manekin dengan baju muslimah, pasti akan langsung dikenali sumbernya, yaitu akun ini.

Perhatikan copywriting yang digunakan. Paragraf pertama langsung menarget pembaca untuk memberikan komentar dengan melemparkan pertanyaan pada target audience.

Pertanyaan tersebut menggiring pada pertanyaan berikutnya, yang fokus pada pengguna Instagram untuk menceritakan kisah mereka tentang hal yang ditanyakan.

Contoh Copywriting Sepatu
Contoh copywriting iklan Instagram dari Adidas Indonesia

Misalnya saja, Anda memilih mengasosiasikan produk Anda dengan grup atau komunitas tertentu. Maka, copywriting yang Anda buat harus menarik bagi target itu saja.

Bayangkan kalau copywriting iklan ini dilihat oleh pengguna Instagram yang tidak menyukai Star Wars. Tentu pesan yang disampaikan tidak akan beresonansi dengan baik.

#3. Contoh Copywriting Instagram Marketplace

Contoh Copywriting Tokoepedia 2
Copywriting Tokopedia adalah contoh bagaimana Anda menarget grup tertentu

Inilah kenapa saya selalu bilang bahwa buyer persona sangat krusial untuk kelangsungan aktivitas jualan Anda. Baik jualan online atau offline, Anda memerlukan buyer persona yang jelas agar copywriting yang Anda buat bisa beresonansi dengan pembaca.

Pengguna marketplace seperti Tokopedia dan Shopee memang kebanyakan anak-anak muda usia produktif yang memahami cara belanja online.

Apa yang disukai oleh anak-anak muda seperti itu?

Jawaban K-Pop terdengar masuk akal. Banyak marketplace yang mengasosiasikan brand mereka dengan selebriti Korea. Buktinya, copywriting Instagram yang melibatkan Blackpink, BTS, dan sejenisnya sering mendapat perhatian lebih dari pengguna.

Pada postingan ini, Tokopedia menerapkan tiga prinsip yang saya sebutkan di atas dengan sempurna.

Pertama, Tokopedia jelas memberikan apa yang diinginkan oleh followers mereka. Yaitu limited item Blackpink. Ini adalah prinsip ke-1.

Selanjutnya, Tokopedia memberikan arahan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan oleh pengguna. Ini adalah prinsip ke-2 dari prinsip copywriting Instagram.

Bagaimana dengan pain point, yaitu prinsip ke-3?

Hmm, kalau Anda baca ulasan saya tentang psikologi jualan, Anda akan paham apa yang dilakukan oleh Tokopedia.

Bukan pain point yang ingin dituju oleh Tokopedia, melainkan pride point.

Contoh Copywriting Tokopedia
Tokopedia menekankan pada pride point pengguna Instagram

Tokopedia menawarkan produk eksklusif yang hanya akan menarik jika ditawarkan pada persona tertentu. Tokopedia menawarkan pride jika followers berhasil memenangkan NCT official lightstick.

Coba kalau postingan ini dilihat oleh saya yang tidak bisa membedakan aktor-aktris korea. Saya tidak akan tertarik.

Tapi jika memang ditawarkan ke fans K-Pop? Pasti meledak. Oleh sebab itu, convertion rate postingan ini pun saya yakin tinggi.

Postingan ini termasuk dalam top 20 posts yang mendapat paling banyak like dan comment.

#4. Contoh Copywriting Kopi

Copywriting Instagram Starbucks
Starbucks sering langsung menawarkan produk di akun Instagram mereka

Pada postingan saya tentang belajar copywriting Instagram, saya membahas tentang cara membuat caption yang bisa menarik banyak comment.

Penerapannya bisa Anda lihat di akun Instagram Starbucks Indonesia. Paragraf pertama dari contoh copywriting Instagram ini langsung menembak pembaca dengan pertanyaan.

Dalam teknik copywriting NLP, bertanya pada pembaca membuat pembaca secara tidak sadar berusaha menjawab pertanyaan tersebut.

Jadi, bisa dibilang copywriting di postingan Instagram ini bisa Anda ikuti dengan sedikit modifikasi.

Copwyriting Starbucks Indonesia
Contoh copywriting lain di akun Instagram Starbucks Indonesia

Starbucks cenderung langsung menyebutkan harga di postingan secara gamblang. Mereka juga menjelaskan apa yang akan didapatkan oleh pelanggan.

Mereka menjelaskan informasi yang penting seperti durasi promo dan apa yang harus dilakukan oleh followers mereka.

Copywriting Instagram Kopi
Contoh Copywriting Kopi dari Kopi Kenangan

Produk kopi memang selalu identik dengan anak muda. Instagram merupakan platform yang tepat untuk mengincar anak muda dalam masa produktif dan konsumtif.

Kalau produk yang Anda jual sudah jelas, langsung saja berikan penawaran beserta harga, lalu cantumkan sense of urgency agar followers Anda segera bertindak. Seperti contoh copywriting dari Kopi Kenangan ini.

#5. Contoh Copywriting Makanan untuk Instagram

Contoh Copywriting Instagram Indomie
Indomie menggunakan gaya bahasa yang cocok untuk followers mereka yaitu anak muda

Indomie mengetahui buyer persona mereka dengan baik. Konsumen Indomie kebanyakan anak-anak muda. Oleh sebab itu, brand voice yang digunakan Indomie adalah gaya anak muda.

Lagi-lagi, Indomie berhasil menerapkan 3 prinsip copywriting untuk makanan di Instagram dengan baik. Pada postingan ini, Indomie menjelaskan apa yang akan diperoleh oleh followers dan bagaimana cara memperoleh hadiah yang disebutkan.

Contoh Copywriting Makanan
Mie Sedaap menggunakan teknik copywriting NLP dalam postingan ini

Akun Instagram Mie Sedaap mendeskripsikan rasa varian baru pada contoh copywriting ini. Anda bisa mempelajari apa yang dilakukan oleh Mie Sedaap pada artikel saya tentang copywriting makanan.

Contoh Copywriting Indomie
Copywriting Instagram Indomie memang khas anak muda

Sudah saya sebutkan di atas bahwa Instagram memang menonjolkan gambar, kemudian tulisan. Oleh sebab itu, ilustrasi memiliki peranan penting agar copywriting yang disematkan bisa membawa hasil yang diinginkan.

Pada kalimat penutup, Indomie melempar pertanyaan yang ditujukan untuk anak muda “Mana nih yang auto bikin abis ngeliat gambar?”

Contoh Copywriting Makanan untuk Instagram
Tous Les Jours Indonesia mengeksekusi 3 prinsip copywriting Instagram dengan baik

Paragraf pertama contoh copywriting ini langsung melempar pertanyaan pada followers, diikuti dengan sedikit storytelling, lalu pertanyaan lagi.

Pada bagian akhir, Tous Les Jours memberikan penawaran mereka dan memberikan call-to-action yang jelas.

Contoh Copywriting Makanan Tous Les Jours
Akun Instagram ini pun juga mendeskripsikan kelezatan produk mereka melalui tulisan

Jangan malu untuk mendeskripsikan kelezatan produk makanan Anda. Tidak masalah kalau Anda lebay dalam menulis copywriting. Karena memang, copywriting yang nendang haruslah lebay.

#6. Contoh Copywriting Skin Care

Contoh Copywriting Skin Care
Contoh Copywriting Instagram produk skincare dari Wardah

Dalam membuat copywriting untuk produk skincare, Anda harus bisa menjelaskan manfaat dengan baik dan masuk akal. Contoh copywriting dari Wardah ini bisa Anda ikuti.

Jelaskan kandungan yang terdapat dalam formula skincare Anda, lalu sebutkan manfaatnya secara langsung.

Contoh Copywriting Wardag
Melempar pertanyaan pada followers Instagram memang selalu berhasil

Saya sendiri pernah bereksperimen dengan melemparkan pertanyaan pada followers di akun Instagram yang saya kelola. Hasilnya, komentar pada postingan tersebut naik hingga 500%.

Jika Anda tak yakin ingin membuat copywriting seperti apa untuk postingan Instagram Anda, lempar saja pertanyaan.

Seperti pada postingan ini, Wardah melempar pertanyaan yang umum dialami oleh wanita-wanita setelah mencuci wajah, yaitu kulit terasa kering, terasa seperti ditarik, dan kaku.

#7. Contoh Copywriting Properti

Contoh Copywriting Properti
Copywriting di niche properti umumnya sama dan membosankan, tapi akun Instagram satu ini sedikit berbeda

Copywriting niche properti dan arsitek umumnya sama, seragam, membosankan. Kebanyakan, hanya menyebutkan ukuran luas tanah, jumlah kamar, dan fitur-fitur lainnya. Tidak ada benefit yang disebutkan.

Paling-paling, kretivitas yang ditonjolkan hanya caption seperti “Semoga dimampukan punya rumah seperti ini.” Copywriting jenis ini sudah basi dan benar-benar overused.

Tapi akun Instagram Emporio Architect memilih jalan lain. Mereka sering terlihat flexing dengan menonjolkan jumlah desain yang mereka buat.

Mereka juga memberikan deskripsi yang cukup jelas mengenai tema desain yang mereka usung. Paragraf pertama memberikan deskripsi gambar, dilanjutkan dengan tim Emporio Architect yang menunjukkan kebolehan mereka.

Copywriting ini bahkan juga menunjukkan fee design dan detail yang benar-benar detail.

Nah, kalau Anda berjualan properti, tirulah copywriting akun Instagram ini, lalu modifikasi sesuai kebutuhan Anda.

Contoh Copywriting Properti 2
Storytelling tetap teknik copywriting yang paling menonjol

Karena tidak ada akun Instagram lokal (atau saya belum nemu) yang berjualan properti dengan copywriting yang mumpuni, saya harus beralih ke akun luar negeri.

Akun ini selalu berhasil membuat copywriting yang menarik, captivating, dan membuat saya ingin pindah ke Norwegia hanya karena membaca tulisan tersebut.

Contoh copywriting pada postingan ini menjelaskan impian dan angan-angan kebanyakan orang untuk tinggal di tepi danau dan pegunungan yang sejuk, dengan northern lights di halaman belakang.

Copywriting seperti inilah yang sebaiknya Anda tiru ketika membuat iklan properti. Bukannya menyebutkan fitur yang membosankan seperti ukuran luas tanah, bangunan, listrik, dan sebagainya.

Memang, fitur bangunan sangat penting disebutkan, tapi bukan itu yang harusnya Anda jelaskan di bagian awal copywriting.

#8. Contoh Copywriting Instagram Hygiene Products

Copywriting Produk Hygiene Lifebuoy
Hygiene products pun memerlukan copywriting agar followers setidaknya berhenti scrolling dan mengecek produk tersebut

Tentunya, Lifebuoy bisa menyewa copywriter yang layak. Tapi sepertinya, copywriter-nya sedang malas. Sebenarnya, ini bukan contoh copywriting yang baik.

Tapi saya rasa, Anda juga perlu tahu seperti apa copywriting yang buruk agar Anda tidak jatuh ke lubang yang sama.

Copywriting Lifebuoy di atas hanya sekedar FYI saja. Sepertinya bukan copywriter yang membuat tulisan ini, tapi admin media sosialnya.

Coba bandingkan dengan copywriting dari Instagram Dettol berikut ini.

Contoh Copywriting Dettol
Dettol menerapkan teknik copywriting yang lebih baik untuk hygiene products

Terasa jauh sekali bedanya. Betul, tidak?

Dettol mengajak pembaca untuk berinteraksi, lalu memberikan promo secara gamblang. Plus, Dettol menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh followers mereka.

#9. Contoh Copywriting Produk Minuman

Contoh Copywriting Akkar Juice
Akkar Juice memberi copywriting dalam 2 bahasa

Copywriting untuk produk minuman kesehatan memang sebaiknya mencantumkan bahan yang dimasukkan dan bahan yang tidak dimasukkan.

Kalau produk minuman Anda bebas gula dan bebas pengawet, cantumkan 2 hal tersebut dalam copywriting yang Anda buat.

Jelaskan manfaat masing-masing komposisi, maka Anda sudah menjelaskan benefit dengan baik, tidak hanya sekadar menyebutkan fitur saja.

Contoh Copywriting Instagram Minuman
Copywriting produk minuman satu ini bisa juga Anda tiru

Meskipun copywriting ini bukan yang terbaik, tapi saya ingin menekankan penggunaan emoji yang bisa bisa mempengaruhi copywriting yang Anda buat.

Tidak ada salahnya menggunakan emoji. Tapi, pastikan emoji yang Anda gunakan tepat sasaran dan sesuai konteks.

Copywriting dalam postingan Instagram ini termasuk dalam storytelling, meskipun belum terlalu halus. Anda bisa menggunakan copywriting ini sebagai acuan agar bisa membuat tulisan yang lebih menarik lagi.

#10. Contoh Copywriting Bimbel

Contoh Copywriting Instagram Bimbel
Contoh copywriting yang tepat dari niche bimbingan belajar

Copywriting di postingan ini singkat, tapi tertarget. Lagi-lagi, inilah bukti yang menunjukkan bahwa Anda harus mengenal buyer Anda sebelum menawarkan produk.

Copywriting ini langsung menawarkan produk dan memberikan garansi. Prinsip nomor 1 dan 3 sudah terpenuhi. Namun, belum jelas apa yang harus dilakukan oleh followers jika berminat dengan produk ini.

Dalam Menulis Copywriting Instagram…

Anda dituntut untuk mengenal konsumen dan calon konsumen Anda. Kalau Anda belum memiliki persona, saya sudah menulis artikel tentang cara membuat buyer persona.

Kalau konsumen Anda kebanyakan orang-orang kaya berpendidikan tinggi dengan gaya hidup wah, maka tak ada salahnya membuat copywriting berbahasa Inggris seperti yang dilakukan Tous Les Jours.

Kalau followers Anda kebanyakan anak muda, ikuti gaya bahasa Indomie.

Kesuksesan copywriting yang Anda buat di Instagram ditentukan oleh seberapa baik Anda bisa menyampaikan pesan yang beresonansi dengan pembaca. Asalkan ini sudah terpenuhi, produk yang Anda tawarkan akan lebih mudah menarik perhatian followers.

Nah, dengan banyaknya contoh copywriting Instagram yang saya berikan, kira-kira apa yang terlewat? Silakan tulis pertanyaan atau kesulitan yang Anda alami dalam membuat copywriting di kolom komentar, ya?

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Pelajari ilmu Lainnya

Belajar Copywriting

7 Langkah Belajar Copywriting untuk Pemula

Jika Anda memutuskan untuk belajar copywriting, Anda sudah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Panduan copywriting dengan contoh ini saya tulis untuk membantu Anda membuat copywriting selangkah demi selangkah.