Yuk, Belajar Copywriting untuk Instagram!

Aicha Mahavikri

Aicha Mahavikri

Copywriter & SEO Practitionaire
Belajar-Copywriting-untuk-Instagram-ala-Wordpixels

Bagikan artikel ini & sebarkan ilmu bermanfaat

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
5 1 vote
Article Rating

Kenapa Anda harus belajar copywriting untuk Instagram? Karena populernya Instagram sebagai media marketing mengharuskan Anda untuk belajar juga agar bisa berhasil dan sukses. Copywriting Instagram berbeda dengan copywriting lainnya karena algoritma dan pengguna Instagram yang unik. Lalu, bagaimana Anda bisa membuat caption yang tepat bagi konten Anda?

Belajar-Copywriting-untuk-Instagram-ala-Wordpixels
Copywriting perlu digunakan untuk media sosial seperti Instagram agar memberi hasil konversi atau engagement yang diinginkan

Belakangan, karena sering menggunakan Instagram, saya jadi terpikir untuk menulis artikel edukasi tentang belajar copywriting untuk Instagram. 

Ini karena saya sendiri mengelola beberapa akun Instagram publik untuk mengasah kemampuan copywriting di media sosial.

Sedangkan akun Instagram saya sendiri? Yah, caption-nya ala kadarnya saja. Bahkan tidak pakai hashtag.

Pengguna Instagram saat ini lebih dari 200 juta dan 73% pelaku bisnis pun mengakui kalau Instagram memang media sosial terbaik untuk melebarkan jangkauan pelanggan mereka.

Di tahun 2020, originalitas konten dan interaksi Anda sebagai pemilik atau admin akun Instagram dan audiens akan menentukan growth akun Anda.

Secara langsung, brand growth juga mempengaruhi bisnis Anda. Semakin banyak audiens atau follower yang Anda jaring, semakin deras pula uang mengalir ke rekening.

Krincing!

Itulah suara notifikasi dari bank ketika Anda menerima transferan masuk. Merdu sekali, ‘kan?

Nah, bagaimana caranya Anda bisa membuat caption Instagram yang bisa mendatangkan likes dan share? Bagaimana membuat konten yang di-repost oleh akun-akun besar?

Kalau Anda baru mengenal copywriting sekarang, tak ada salahnya Anda mulai dari belajar copywriting untuk Instagram.

Pelajari juga: Ilmu copywriting Instagram tidak bisa dipelajari dalam semalam. Tidak masalah meskipun Anda baru mulai belajar copywriting hari ini. Ilmu ini bisa membuat jualan Anda di masa depan semakin laku. Panduan copywriting untuk pemula ini cocok untuk Anda yang belum kenal apa itu copywriting.

#1 Kalimat Pertama Menentukan Segalanya

Salah satu pedoman yang saya ikuti dalam menulis copywriting adalah selalu membuat kalimat pertama yang berisi, padat, dan memberikan value atau benefit kepada pembaca secara langsung.

Berbeda dengan menulis artikel, kalimat pertama copywriting Anda sebaiknya berhasil mengandung kata-kata yang membuat pembaca penasaran.

Ini bisa ditempuh dengan cara:

a) Membuat kalimat tanya

Kalimat tanya yang Anda tulis di caption Instagram bisa seperti contoh di bawah ini.

“Cari outfit of the day yang paling oke buat weekend bareng kesayangan?”

Atau, bisa juga seperti akun Mc Donadl’s berikut ini yang mengundang rasa ingin liburan lagi.

Copywriting-McDonalds
Mc Donald’s berhasil membuat caption yang menyedot perhatian di musim pandemi seperti ini

b) Menulis kalimat provokatif positif

Kalimat provokatif tak harus melulu negatif dan memancing keributan. Provokatif ala copywriting bisa mendatangkan banyak like and share Instagram jika Anda tahu caranya.

Contohnya seperti ini, “Ini kesempatan kamu untuk kenalan sama figur dibalik pembuatan film Dilan.”

Dewa-Eka-Prayoga-Instagram
Dewa Selling pun menggunakan cara ini di akun Instagram miliknya
Pelajari juga: Identifikasi pembeli Anda dengan membuat buyer persona agar caption Instagram yang diciptakan bisa langsung tepat sasaran. Selanjutnya, gunakan psikologi penjualan untuk setiap produk yang Anda tawarkan di Instagram.

c) Memulai cerita

Copywriting and story go together. Copywriting dan cerita selalu bisa memberi hasil yang Anda inginkan.

Mulai caption Instagram Anda dengan copywriting yang menceritakan sesuatu.

Kalau saya, akan jadi seperti ini,

“Kucing gue Leo, tiap kali gue bangun pasti langsung meong-meong minta makan. Dia nih udah apal kalo jam 6 pagi emang jadwalnya wetfood. Kalo sampe telat, bakal meong terus sampe dikasi makan. Bahkan gue ke toilet juga dimeongin kenceng banget. Kayanya emang menurut dia nih wetfood Felix emang paling enak, deh. Kalo dikasi wetfood yang dulu, jangankan meong minta makan. Dipanggil buat makan aja gak nengok. Dasar kucing emang.”

Pelajari juga: Teknik storytelling di atas disebut dengan NLP Copywriting. Pelajari penggunaannya agar pesan marketing Anda di Instagram semakin relevan dan tepat sasaran.

d) Humor

Andalah yang mengenal audiens Anda. Tentunya, Anda sendiri yang paham humor atau jokes seperti apa yang menarik minat mereka.

Dengan Instagram, membuat caption candaan tak lagi sulit karena Anda bisa memasukkan humor tersebut langsung ke dalam gambar.

Biasanya, disebut dengan meme.

Akan semakin efektif jika humor Anda hanya dimengerti oleh orang-orang di niche Anda.

Misalnya saja, contoh di bawah ini.

Copywriting-untuk-Instagram-Meme
Dengan humor atau meme, Anda bisa mengundang followers untuk berkomentar

e) Menggunakan statistik

Statistik akan membuka pikiran audiens Anda terkait fakta di luaran sana.
Data statistik bisa meningkatkan engagement rate karena umumnya followers Anda akan menyimpan gambar postingan Anda.

Pelajari juga: Selain Instagram, Anda bisa menggunakan konten marketing untuk jualan online. Gunakan pilihan judul artikel yang merangsang pembaca dan arahkan ke website, sales page, atau Facebook Page Anda.

f) Bagikan kutipan orang terkenal di niche Anda

Masih ingat soal Khabib beberapa waktu lalu? Kata-kata beliau di-quote sana sini karena memang sosoknya yang menginspirasi banyak orang dan diidolakan.

Nah, manfaatkan momen-momen seperti ini sebagai bahan copywriting untuk Instagram Anda., seperti yang dilakukan oleh mas Dewa Eka Prayoga.

Dewa Selling memajang kata-kata dari Khabib langsung di gambar, lalu caption-nya menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh followersnya. Dari sini, Anda pasti paham maksud dari caption mas Dewa. Yaitu like dan comments.

Menggunakan-Kutipan-untuk-Copywriting-Instagram
Menggunakan kutipan dari orang terkenal dari niche Anda atau dikenal oleh followes Anda bisa meningkatkan interaksi

g) Langsung Berikan Penawaran Anda

Kalau Anda memiliki produk yang masuk dalam kategori retail, penawaran langsung bisa mendorong lebih banyak aksi followers dibandingkan dengan copywriting yang panjang.

Merek-merek terkenal pun menggunakan cara ini karena mereka mengutamakan konversi langsung pada konten tersebut.

Copywriting-Instagram-Starbucks
Menawarkan produk secara langsung termasuk cara jitu untuk membuat caption

#2 Tawarkan Konten Berkualitas

Selain menggunakan teknik copywriting di caption Instagram, konten yang Anda tawarkan ke followers sebaiknya memiliki kualitas, value, dan desain yang menarik.

Untuk akun Instagram brand, jangan gunakan konten milik orang lain atau repost tanpa ijin.

Kunci untuk meningkatkan engagement rate dan followers Instagram adalah dengan menjawab pertanyaan audiens Anda::

“Apa gunanya buat saya?”

Posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Akankah Anda tertarik dengan konten Anda sendiri? Apa problem dan pain point yang Anda selesaikan dengan konten Anda?

Berikan jawaban tersebut pada konten dan copywriting Anda di Instagram.

Pelajari juga: Membuat konten berkualitas tidak selalu Mulai belajar copywriting hari ini agar jualan Anda semakin laku.

#3. Formula Copywriting untuk Instagram

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, “apa ada formula copywriting untuk Instagram yang bisa saya gunakan sekarang?”

Tentu saja!

Ada banyak formula copywriting yang bisa Anda adaptasi untuk Instagram. Formula-formula tersebut pada dasarnya sama saja, hanya namanya yang diubah-ubah agar terlihat unik.

Saya sendiri menggunakan formula copywriting yang sebenarnya diperuntukkan untuk pembuatan judul daripada caption Instagram.

Saya tidak suka direpotkan oleh istilah dan formula-formula khusus di setiap platform media sosial. Apa yang bagi saya mendatangkan hasil, maka akan saya pakai.

Inilah formula copywriting saya untuk Instagram.

R – O – T

Results – Objections – Time

Hasil – Kendala – Waktu

Formula tersebut bisa Anda balik menjadi R-T-O, O-T-R, T-O-R dan berbagai variasi lainnya.

Ikuti contohnya berikut ini:

Belajar bahasa Jerman dalam 20 hari meski bahasa Indonesia kamu parah abis

Kalau kita breakdown, hasilnya seperti ini:

R (Hasil) = Belajar bahasa Jerman
T (Waktu) =  dalam 20 hari
O (Kendala) = Bahasa Indonesia kamu parah abis

Susah Nulis? Kamu masih bisa jadi copywriter mulai 2021!

O (Kendala) = Susah nulis
R (Hasil) = jadi copywriter
T (Waktu) =  mulai 2021

Tahun ini, kamu bakal nerbitin buku pertama kamu tanpa perlu banyak followers Instagram

T (Waktu) = Tahun ini
R (Hasil) = nerbitin buku pertama
O (Kendala) = tanpa perlu banyak followers

Nah, setelah Anda tahu formula ini, masihkan Anda kesulitan membuat copywriting untuk Instagram?

Pelajari juga: Ada banyak formula copywriting lainnya yang bisa Anda coba. Simak panduan copywriting bagi pemula yang saya tulis, agar Anda bisa membuat copywriting untuk landing page atau produk lainnya. Siapa tahu, Anda tertarik mendalami ilmu copywriting dan ingin menjadi copywriter seperti saya.

#4. Gunakan Gimik Tapi Hindari Marketing Buzzwords

Hanya 29% pengguna Instagram berusia di atas 35 tahun. Sebagian besar pengguna Instagram adalah Millennial dan Gen Z yang mampu berkomunikasi dan memproses informasi lebih cepat.

Teks yang panjang dengan banyak istilah-istilah industri dan buzzwords akan membuat mereka lari dari akun Instagram Anda.

Fokuslah untuk menulis caption yang conversational. Gunakan emoji dengan tepat, gunakan spasi di antara kalimat untuk mempermudah pembaca.

Selanjutnya, gunakan gimik di sela-sela postingan Anda. 

Apa yang sedang populer saat ini? Bagaimana Anda bisa mengeksploitasi kepopuleran suatu hal untuk konten Anda.

Beberapa waktu lalu, sedang populer sekali game Among Us di Internet dan para ahli marketing langsung bergerak cepat untuk membuat konten-konten gimmick mengikuti Among Us.

Gimmick Amoung Us di Instagram
Konten tentang hal populer memang hampir selalu berhasil mendapat share dan like yang banyak
Gimmick Amoung Us oleh Domino
Bahkan brand besar seperti Domino juga menggunakan teknik ini

Repost Konten, Perbaiki Caption-nya dengan Copywriting Instagram 

Kalau Anda termasuk yang susah mendapatkan konten original, Anda bisa repost saja.

Tentunya dari akun-akun yang memang membebaskan repost atau Anda sudah memiliki ijin dari pemilik konten tersebut.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memperbaiki caption-nya agar sesuai dengan formula copywriting untuk Instagram.

Penulis Caption Instagram?

“Mbak Aicha buka jasa bikin caption Instagram?”

Tentu! Saya menyediakan jasa caption Instagram mulai dari Rp 20.000 per konten dengan pemesanan minimal 5 konten.

Kalau Anda kesulitan dalam membuat caption Instagram untuk brand Anda, mungkin saya bisa bantu.

Materi copywriting lainnya:
Anda Punya Bisnis Fashion Online? Ini Cara Jualan Supaya Cepat Closing
Dengan Copywriting, Bisnis Skincare Melejit Hingga 132%
3 Langkah Menulis Copywriting untuk Bisnis Penginapan

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pelajari ilmu Lainnya

Belajar Copywriting

7 Langkah Belajar Copywriting untuk Pemula

Jika Anda memutuskan untuk belajar copywriting, Anda sudah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Panduan copywriting dengan contoh ini saya tulis untuk membantu Anda membuat copywriting selangkah demi selangkah.