Blogging untuk Pemula: Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan

Aicha Mahavikri

Aicha Mahavikri

Copywriter & SEO Practitionaire

Bagikan artikel ini & sebarkan ilmu bermanfaat

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email
0 0 vote
Article Rating

Ada satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula ketika memulai aktivitas Blogging. Diantaranya menggunakan hosting dan domain gratisan, hingga gagalnya monetisasi website. Kenali kesalahan blogging untuk pemula agar Anda terhindar.

Kesalahan Besar Blogging untuk Pemula
Blogging

Saya sudah sering melihat orang-orang baru yang merambah dunia maya dengan menjadi blogger. Namun para pemula sering melakukan kesalahan besar sebagai blogger pada langkah pertama yang menurut saya sangat penting.

Kebanyakan mereka sedang testing the water alias coba-coba, apakah dunia blogging cocok dengan mereka.

Platform Blogging untuk Pemula

Pemain baru dan pemula dalam dunia blogging cenderung membuat blog dan website di platform gratisan seperti WordPress Blog, Wix, Weebly, atau platform sejuta umat, Blogspot.

Saya juga dulu seperti itu, mencoba Weebly dan Blogspot. Namun, dengan segala keterbatasan yang disediakan platform tersebut saya menyerah untuk menjadi blogger.

Sejak itu, saya tidak mau lagi menyentuh blogging karena saya pikir tidak sesuai dengan pribadi saya, ditambah lagi karena saya masih pemula dalam blogging.

Dan sekarang Anda bisa lihat sendiri bahwa saya melakukan kesalahan besar seperti pemula pada umumnya.

Tahun ini saya memutuskan untuk menyewa hosting dan membeli domain, dan membuat blog saya dengan Elementor.

Elementor Pro Mockup
Elementor Pro Mockup

Anda pun sebaiknya menghindari kesalahan seperti saya. Anda akan berpikir menganggap blogging tidak cocok untuk Anda, tetapi alasan sebenarnya karena…

…platform yang Anda gunakan tidak tepat.

Ya, saya mengerti…

Anda baru saja memulai blogging, ingin menghemat biaya, dan menghindari kesalahan sebagai pemula yang menghabiskan uang banyak di blogging, padahal hanya ingin sekedar coba-coba.

Anda menganggap blogging sebagai hobi sampingan dan ketika hobi Anda sudah menghasilkan uang, maka Anda akan bertransisi dengan menyewa hosting.

Yap. Saya paham betul.

Kesalahan Besar Pemula Ketika Memulai Blogging

Kesalahan persepsi yang sering dialami oleh blogger pemula adalah, platform yang saya sebutkan di atas memang cocok untuk Blogger Hobbyist yang tidak mengejar untung.

Tapi kalau Anda memang mau serius, investasikan sedikit uang Anda untuk mendapatkan keuntungan besar di masa depan. Hindari kesalahan-kesalahan besar khas blogger pemula yang membuat Anda rugi waktu.

Ilustrasi Kesalahan Besar Blogger Pemula
Blogging

Kenapa Anda Harus Menghindari Kesalahan ini?

Beberapa alasan di bawah ini mungkin bisa meyakinkan Anda untuk tidak memulai blog dengan platform gratisan seperti Blogspot, Wix, Weebly, dan sebagainya.

#1 Tidak Bisa Memilih Domain Address

Domain Address adalah alamat online blog Anda. Dengan membeli domain address, Anda bisa memilih domain sesuai dengan yang Anda inginkan dan terlihat lebih profesional.

Misalnya Anda ingin memiliki blog pribadi dengan nama Anda sendiri sebagai domain address-nya. Coba bandingkan di bawah ini, mana yang terlihat lebih baik dan profesional.

aichamahavikri.com| aichamahavikri.blogpost.com | aichamahavikri.wixsite.com

Tentu pengunjung akan lebih mempercayai website dengan domain address berakhiran .com dibanding domain adress gratisan.

Pada akhirnya, domain gratisan yang Anda dapat akan terlihat aneh. Pengunjung tidak akan mengerti niche apa yang Anda coba dalami, dan tak jarang domain address Anda menampilkan kesan tidak terawat dan asal buat.

#2 Tidak Bisa Mengatur Tampilan Website Sesuka Hati.

Sering sekali klien saya menginginkan tampilan website sesuai dengan keinginan mereka. Saya yakin, Anda juga menghendaki hal yang sama.

Anda ingin blog website Anda memiliki tampilan sesuai dengan selera dan pribadi Anda. Tidak ada salahnya menginginkan blog dengan desain berbunga-bunga, dark metal, rusty, atau desain steam punk sekalipun.

Sayangnya, Anda tidak bisa mewujudkan desain impian Anda dengan platform gratisan. Anda diharuskan menyewa layanan hosting dan domain terpercaya dan mulai menggunakan CMS seperti WordPress

Saya suka mengutak-atik tampilan website sesuai yang saya inginkan. Dengan menyewa hosting sendiri, saya bisa menggunakan CMS WordPress dan menggunakan plugin Elementor untuk membuat website.

Anda bisa mencoba cara ini jika Anda tidak hanya sekedar ingin menjadi pemula blogging, namun juga pemula dalam pembuatan website. Elementor cocok untuk belajar webdesign.

#3 Tidak Bisa Mengoleksi E-mail dan Subscriber

Salah satu kunci monetisasi blog Anda adalah dengan mengumpulkan email dan subscriber. Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan ini jika menggunakan platform gratisan.

Mau tidak mau, untuk menghasilkan uang dari blogging, Anda dituntut untuk berinvestasi di awal. Lalu, menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengumpulkan email dan subscriber Anda/

Ketika audiens Anda bertambah besar, akan lebih mudah bagi Anda untuk jualan jika Anda sudah punya daftar fans.

#4 Platform yang Anda Gunakan Dapat Berhenti Beroperasi Kapan Saja.

Sebut saja Blogger, WordPress Blog, Wixsite, Weebly, dan segudang layanan blogging lainnya yang sering digunakan oleh pemula.

Meskipun saat ini perusahan penyedia tersebut terlihat besar dan too big to colapse, akan ada saatnya mereka berhenti beroperasi.

Dan ketika itu terjadi, Anda hanya bisa gigit jari karena hilangnya aset digital dan data pengunjung Anda. Usaha Anda selama bertahun-tahun bisa hilang sekejap karena platform yang Anda gunakan berhenti beroperasi.

Toh bukan Anda pemiliknya dan Anda tidak bisa komplain. Jika ini terjadi, akibat terburuknya Anda harus mulai semuanya dari awal lagi.

Nah, Anda lihat bagaimana membuat website dengan Blogspot, Wix, Weebly, dan WordPress Blog dapat menghancurkan hobi blogging Anda bahkan sebelum dimulai?

Layanan Hosting Tepat Untuk Blogger Pemula

Kalau Anda berniat memulai blog, Anda dapat menggunakan WordPress namun bukan WordPress Blog. Yang saya maksud di sini adalah WordPress sebagai CMS dan Anda dapat membeli hosting Anda sendiri.

Miliki blog yang bisa Anda desain sesuka hati dengan pilihan monetizing yang macam-macam mulai dari Rp 99.000 di Domainesia.

Kesalahan Blogger Pemula

Saya sudah menggunakan Domainesia untuk puluhan klien saya baik dari Indonesia maupun luar negeri seperti Jerman, dan Inggris.

Uptime Domainesia seperti pada umumnya, yaitu sebesar 99%. Jarang down jika tidak ada maintenance atau force majeur yang tentunya sangat jarang terjadi.

Hanya saja untuk layanan teknis, menurut saya Domainesia agak kurang.

Saya pernah mengalami masalah dengan instalasi SSL dan CS yang saya hubungi sepertinya tidak memahami masalah saya, dan akhirnya saya hubungi CS lainnya. Syukur CS ini bisa bantu saya dengan tepat.

Mungkin beberapa CS masih apprentice alias magang.

Tapi toh itu hanya terjadi satu kali saja. Saya jarang mengalami masalah teknis dengan Domainesia.

Kesalahan yang Mudah diatasi

Lakukan riset mendalam sebelum menentukan pilihan hosting dan domain Anda. Tidak ada salahnya bertanya pada praktisi yang telah lebih dulu terjun ke dunia blogging.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Pelajari ilmu Lainnya

Belajar Copywriting

7 Langkah Belajar Copywriting untuk Pemula

Jika Anda memutuskan untuk belajar copywriting, Anda sudah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Panduan copywriting dengan contoh ini saya tulis untuk membantu Anda membuat copywriting selangkah demi selangkah.